Kamis, 03 Desember 2009

Mengembangkan Sikap Positif

Tidak ada orang yang sepanjang karirnya tak pernah menemui hambatan. Hal yang terpenting ketika menghadapinya adalah tanamkan selalu sikap positif dalam diri untuk membantu mengatasi permasalahan dan kemunduran kerja.

Ingatlah bahwa Anda merupakan kunci utama sekaligus penanggung jawab penuh untuk membuat diri anda sukses dalam membangun karir.
Anda dapat mengadaptasi tips berikut dalam mengembangkan sikap positif Anda sendiri di tempat kerja.

1. Berikan yang terbaik untuk setiap hal yang anda lakukan. Katakan pada diri anda bahwa sesuatu yang baik memang baik. Berapa banyak pekerjaan yang bisa anda lakukan dengan lebih baik? Percayalah bahwa selama anda melakukan yang terbaik semaksimal yang anda bisa, dalam situasi tertentu, pekerjaan akan selesai dengan sendirinya.

Akan selalu ada kritik yang akan datang kepada anda. Mereka seolah lebih mengerti bagaimana caranya menyelasaikan pekerjaan itu dengan lebih baik. Mereka menyuruh anda melakukan ini itu tanpa berfikir keterbatasan yang mungkin bisa anda capai dalam bekerja.

Biarkan saja mereka. Orang-orang seperti itu sebenarnya hanya menggunakan skala perfeksionis untuk sekedar mengkritik anda.

2. Segala sesuatu yang terjadi tidak selalu seburuk yang anda kira. Sebuah penelitian menyebut bahwa hanya 4% dari kekhawatiran anda yang menjadi kenyataan. 4% tersebut biasanya merupakan kekhawatiran yang sangat kecil.

Ketika anda merasa beberapa hal berubah menjadi buruk dan anda mulai khawatir, ingat saja 4% itu. Anda lebih baik memfokuskan energi pada pekerjaan Anda.

3. Berfikir positif pada diri sendiri. Berpikir positif mungkin terdengar seperti istilah yang paling klise, namun faktanya ini akan membantu anda. Jadi pastikan anda melakukannya secara kontinyu.

Mengembangkan sikap positif di tempat kerja tidaklah mudah. Seperti segala sesuatu dalam hidup, Anda perlu berlatih. Pilih satu dari daftar ini dan ingatkan diri sendiri tentang hal itu setiap kali Anda mulai khawatir atau menghadapi tantangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar